Tumor Paru Merupakan Penyebab Kematian Tertinggi

Written By Anatomic on Selasa, 29 Maret 2011 | 04.28

Setiap tahun, tumor primer paru terjadi pada 94.000 pria dan 78.000 wanita di Amerika Serikat, dimana 86 % di antaranya meninggal dunia setelah 5 tahun terdiagnosa. Tumor paru merupakan penyebab kematian tertinggi pada pria dan wanita dan pada semua suku bangsa. Insiden tumor paru tertinggi terjadi pada usia 55-65 tahun. Dari semua kematian karena kanker, kematian karena tumor paru 31 % terjadi pada pria dan 25 % terjadi pada wanita.

Pengaruh dari usaha penghentian merokok yang dimulai sejak 25 tahun yang lalu sudah terlihat dari perlambatan laju angka kematian tumor paru pada pria ( 70/100.000 populasi pria), tetapi laju angka kematian tumor paru pada wanita semakin meningkat (35/100.000 populasi wanita).15 % penderita menderita tumor lokal, 25 % dengan penyebaran pada lymphonodi regional, > 55 % dengan metastase jauh. Angka kelangsungan hidup 5 tahun dengan tumor lokal adalah 50 %, 20 % pada penderita dengan tumor regional.

Angka kelangsungan hidup 5 tahun hampir meningkat 2 kali dalam 30 tahun terakhir. Hal ini berkaitan dengan perkembangan dalam modalitas terapi, yaitu kombinasi dari pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi. Tumor primer paru merupakan masalah kesehatan yang mempunyai prognosa yang buruk. Akan tetapi dengan metode diagnosa yang baik, staging, dan terapi berdasarkan pengetahuan atas manifestasi klinis dari tumor paru serta pendekatan multidisiplin dapat memberikan pengobatan yang terbaik untuk potensi kesembuhan atau terapi paliatif yang optimal bagi penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar